Hijab Segi Empat

Meskipun berhijab seorang perempuan pastinya ingin jika penampilannya selalu terlihat rapi dan bersih. Penampilan yang rapi ini akan menjadi ciri dari kepribadian seseorang. Hal ini biasanya bisa diatasi dengan menyetrika hijab dan juga baju agar selalu rapi dan mengurangi lipatan kusut. Namun untuk jilbab sendiri ada beberapa jenis yang membutuhkan cara menyetrika jilbab segi empat agar rapi dan tidak kusut dengan benar. Karena memang ada beberapa jenis dan model jilbab yang tidak bisa terkena panassetrika dengan suhu tinggi. Sebenarnya ada banyak sekali masalah yang muncul karena salah dalam menyetrika jilbab diantaranya adalah kain jilbab rusak karena suhu yang terlalu panas, warna menjadi kecokelatan atau pudar, bentuk lipatan yang tidak sesuai saat digunakan.

Langkah atau cara terbaik untuk mengantisipasi hal hal di atas, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. . Kenali bahan atau kain kerudung dan masalahnya

Jilbab segi empat merupakan jenis kerudung yang fleksibel dan bisa dikreasikan dengan mudah dan simpel. Tetapi  hal ini juga bisa menjadi sulit karena cara menyetrika jilbab segi empat yang salah atau tidak tepat, kebanyakan menyetreika dengan membagi 2 bagian hijabnya yang akan menimbulkan garis pada saat digunakan.

2. Sesuaikan Suhu Pada Setrika

Langkah yang selanjutnya adalah menyesuaikan suhu panas setrika dengan jenis bahan kain kerudung. Jangan sampai karena sudah terburu-buru ke sekolah Anda langsung menggunakan suhu yang paling tinggi. Jika Anda salah dalam mengatur suhu panas pada setrika maka kemungkinan besar jilbab akan rusak, bahkan juga bisa bolong. Oleh sebab itu atur suhu setrika dari suhu panas yang paling rendah kemudian perlahan naikkan suhu sesuai dengan jenis bahan dan juga ketebalannya.

3. Lipat Menjadi 2 Bagian

Sesuai dengan syariat islam maka jilbab harus digunakan hingga bisa menutupi bagian dada sehingga kerudung segi empat dibentuk dengan ukuran yang besar sampai 1 meter lebih. Nah ukuran ini akan semakin membuat Anda kesulitan dalam menyetrika bukan?

Tenang saja Anda bisa Anda bisa mengatasinya dengan cara menyetrika jilbab segi empat agar rapi dan tidak kusut yaitu melipatnya menjadi 2 bagian yang sama sebelum menempelkan permukaan setrika ke jibab.

4. Setrika Dari Bagian Atas

Berikutnya Anda bisa menyetrika hijab yang sudah dilipat secara pelan pelan dari bagian atas. Kemudian dilanjutkan ke jilbab bagian belakang. Apabila Anda ingin sekaligus melipat jilbab tersebut maka lipat kembali jadi dua bagan selanjutnya setrika lagi dari bahas ke bawah. Jika semuanya sudah maka jilbab tidak perlu disetrika lagi.

5. Jangan Setrika Bagian Lipatan

Cara menyetrika jilbab segi empat agar rapi dan tidak kusut yang benar selanjutnya adalah hindari menyetrika di bagian lipatan. Menyetrika bagian lipatan justru akan menimbulkan bekas lipatan baru dan membuat Anda kesulitan untuk menggunakannya.

Jilbab segi empat memang akan dibentuk dengan melipatnya menjadi bentuk segi tiga. Dan hal ini dipengaruhi oleh lipatan baru dari proses setrika. Lipatan baru itu akan membuat garis di tengah bagian atas kepala sehingga ketika diaplikasikan pada wajah terlihat tidak rapi.

Untuk temen temen yang sedang memulai berhijab dan mencari model model hijab yang sesuai harapan temen temen, bisa mengunjungi Instagram @hira.co.id, karena disitu emnjual berbagai model hijab terlangkap dan bahan yang premium dan pastinya nyaman di gunakan.